Asam Batu Baterai Tak Baik untuk Gigi

| Sabtu, 20 Desember 2008

Asam batu baterai jelas tidak akan dimakan atau diemut, tetapi masalahnya banyak banyak orang yang suka makanan yang tinggat asamnya sama dengan asam batu baterai. Jangan-jangan anda juga ?
Permen generasi sekarang cukup banyak memiliki tingkatan asam yang mendekati tingkat ph dari asam batu batrai. Celakanya lagi, orang mengira bahwa permen asam lebih asam karena kandungan bunganya lebih sedikit. Padahal kandungan asam yang mendekati batas ekstrim ini berbahaya bagi gigi.
Permen asam dapat mengikis gigi. Semakin sering gigi terpapan asamnya permen, semakin meningkat terbentuknya lubang gigi. Selain itu dia juga memicu terjadinya gigi sensitive (linu), perwana gigi, sensitivitas jaringan lunak, dan hilangnya kilapan gigi.
Cakifornia Dental Hygienists’Association (CDHA) memberikan tips yang berhubungan dengan permen asam. Pertama hindari, batasi atau pikirkan kembali saat membeli permen yang berlabel “sour” atau “tart” (asam). Ingatlah, asam tidak baik bagi untuk gigi, tapi hanya baik untuk batrai.
Saran ke dua, periksa kompsisi permen, danhidari permen yang menggandung: citric, lactic, malic, tartaric, furmaric, adipic, ascorbic. Jangan terkecoh oleh istilah “concentrated fruit juice extracts” (ekstrak jus buah terkosetrasi) yang berate permen dapat saangat asam.
Saran berikutnya, apabila anda terlanjur makan permen asam, segeralah berkumur-kumur untuk mengurangi efek asam yang merusak. Jangan sikat gigi Anda setelah makan permen asam, karena sikat dan pasta gigi bersifat abrasive. Sikat dan pasta akan membuang lapisan email yang telah di lunakkan oleh asam dari permen.

Tidak ada komentar: