RESENSI

| Rabu, 17 Desember 2008
Jenis buku : Non Fiksi
Judul buku : Ayam Buras
Pengarang : Arie Kuswara
Penerbit : Wahyu Wijaya Surabaya
Tahun Terbit : 1995
Tebal Buku : 25 halaman

Buku ini diterbitkan untuk membantu para peternak ayam buras pemula agar usahanya kelak menjadi sukses. Caranya kita harus memilih ayam buras yang berkualitas.Dan kita juga harus membuat kandang ayam buras yang sesuai standart,ada juga tata cara penetasan telur yang baik dan benar.Penetasan dengan mesin penetas.artinya telur tidak perlu dierami oleh sang induk.melainkan bisa ditetaskan dengan mesin penetas yang di buat secara sendiri.
Secara umum buku ini berisi tata cara memelihara ayam buras yang sangat efisien yang bias di cerna oleh masyarakat luas.Di dalam buku ini juga terdapat nilai gizi ayam buras dan telurnya ternyata dalam 100 gram telur ayam terkandung 12,7mg protein,11,2mg lemak,156 kalori dan masih banyak lagi gizi yang terkandung dalam daging ayam buras dan telurnya.
Buku ini sangat penting bahwa berternak ayam tidak akan kerepotan karena setiap hari harus membersihkan kandang ayam yang penuh dengan kotoran.tetapi dengan satu kiat-kiat buku ini sangat menarik menuntun kita dalam membangun kesuksesan..banyak berisi saran yang di uraikan secara detail.seperti kandang laying cege dapat di buat dengan ukuran 30-50cm lebar 25-50cm dan tinggi 25-50cm.ukuran tersebut cukup untuk1-2 ekor ayam.
Keutamaan buku ini sangat praktis dan simple menuntun dan membantu bagaimana cara membudidayakan ayam buras dan bagaimana cara membuat kandang yang memenuhi sandrat.
Bahasa buku ini formal,namun segar dibaca oleh masyarakat luas karena bahasanya yang ringan dan efisien.Cover juga dihiasi oleh 1 induk ayam dan 2 ekor anaknya,yang menunjukan buku ini benar-benar berisi tentang ayam.dibandingkan dengan buku yang lain,buku ini mempunyai kelebihan pada syarat-syarat utama memelihara ayam buras,yang sangat praktis,mudah diperagakan,mudah di mengerti.
Kelemahan buku ini sangat minim,atau bahkan hampir tidak ada kelemahan yang terlihat,seharusnya tebal buku ini bias lebih dari 25 halaman,karena semakin tebal buku tersebut tentu semakin banyak informasi yang di dapat.Dengan rasa ingin menjadi sukses dengan usaha memelihara ayam bursa maka,segera miliki buku ini yang telah menawarkan langkah-langkah sukses dengan berternak ayam buras.



Nama Kelompok:
Agung Pariono
Arischa Ratna Indriani
Dian Purnama Sari
Dyan Heruwati Krisna Sari

Tidak ada komentar: